Wednesday, February 29, 2012

Contoh Penelitian Strategi Belajar Kooperatif dalam Belajar Mengajar Kontektual

Contoh Penelitian Strategi Belajar Kooperatif
contohpenelitian.blogspot.com - Contoh Penelitian Strategi Belajar Kooperatif. Pada tahun 1983, telah terjadi diskusi yang hanya di kalangan ahli pendidikan di Amerika Serikat tentang cara mengajar yang baik untuk mencapai kemampuan siswa yang lebih tinggi. Diskusi tersebut muncul ke permukaan akibat laporan National Commission on Excellent in Education yang menyebutkan bahwa kemampuan siswa di bidang matematika, kemampuan membaca, dan IPA di AS selalu diukur dengan alat ukur baku (tes standar). Agaknya hal tersebut mengganggu pikiran ahli pendidikan karir dan teknik.

Contoh Penelitian Strategi Belajar Kooperatif. Selain itu, faktor ekonomi global, tuntutan pasar yang semakin kompetitif, teknologi yang semakin berkembang, dan dunia kerja yang acapkali berubah dipertimbangkan sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap berubahnya kurikulum Career and Technical Education (CTE). Lebih dari itu, perubahan karakter demografis siswa, dan bertumbuhnya ilmu pengetahuan tentang bagaimana belajar serta apa saja yang menyebabkan mengajar itu menjadi efektif, menyebabkan ahli pendidikan karier dan teknik meninjau kembali prinsip dasar dan metodologi pendidikan teknik dan karier.

BELAJAR BAHASA MELALUI KONTEKS: PEMIKIRAN VYGOTSKY

Telah sejak lama Lev Semenovich Vygotsky (1978: 118) menyatakan bahwa metode yang paling baik untuk mengajarkan membaca dan menulis bukanlah melalui pengajaran formal di dalam kelas, melainkan melalui situasi permainan. Selain itu, Vygotsky menyatakan keyakinannya bahwa keterampilan menulis dan berbicara akan berkembang apabila siswa dicelupkan dalam pemakaian bahasa ketika siswa berada dalam situasi bermain. Pikiran yang dilontarkan oleh Vygotsky ini menyarankan bahwa pembelajaran kemampuan berbahasa akan menjadi mudah dan menarik jika siswa dibawa ke dalam dunia bermain yang tanpa disadari telah mendorong siswa untuk menggunakan bahasa yang dipelajarinya secara alamiah. Ketika bermain dan berbahasa itulah telah terjadi proses belajar bahasa yang sebenarnya. Dikatakan demikian karena pada saat itu anak dihadapkan pada penggunaan bahasa yang utuh, berhubungan langsung dengan kebutuhan dunia anak (relevant), bahasa yang dihadapinya bersifat fungsional, anak berhadapan langsung dengan tujuan sebenarnya dari kegiatan berbahasa, dan dengan penggunaan bahasa alami tersebut anak mengontrol penggunaan bahasanya. Contoh Penelitian Strategi Belajar Kooperatif dalam Belajar Mengajar Kontektual

No comments:

Post a Comment